Warga Jaksel Apresiasi Prokes di Kantor BPJS Kesehatan

PT Bestprofit Futures – Kebutuhan masyarakat akan layanan publik pada masa pandemi merupakan hal yang wajib dipenuhi oleh seluruh lembaga. Hal tersebut sebagai salah satu upaya semua lembaga pelayanan publik dalam memberikan layanan terbaik kepada seluruh masyarakat.

Begitu juga dengan BPJS Kesehatan yang telah menghadirkan pelayanan secara non tatap muka dengan memanfaatkan layanan digital. Meski begitu, BPJS Kesehatan juga masih membuka pelayanan secara tatap muka dengan tetap menerapkan protokol kesehatan agar kebutuhan peserta tetap dapat diakomodir.

Salah seorang peserta JKN-KIS bernama Retno Pawita Sari (38) merasakan sendiri layanan tatap muka saat berkunjung ke kantor BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Selatan pada hari beberapa waktu lalu.

Kala itu dirinya hendak melakukan pengaktifan status kepesertaan ibundanya. Retno bercerita dia memutuskan untuk datang langsung ke kantor BPJS Kesehatan dikarenakan dekat dengan rumahnya yang berlokasi di Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Retno mengaku, pertama datang, dia diarahkan cek suhu tubuh dan mencuci tangan di tempat yang udah disiapkan. Dia kemudian diberi stiker suhu sesuai dengan pengecekan, setelah itu mengantre sesuai tanda pada garis antrean.

“Jadi per orang itu ada jarak kurang lebih hampir 2 meter. Menurut saya protokol kesehatannya sudah dijalankan dengan maksimal,” kata Retno.

Tak hanya sampai di situ, Retno kembali menceritakan kepuasannya terhadap sarana dan prasarana yang didapatnya. Ia mengatakan pada setiap titik layanan sudah difasilitasi tanda jaga jarak, hand sanitizer dan pembatas antara petugas pelayanan dengan peserta berupa kaca akrilik.

Pun begitu tempat duduk menunggu pada loket yang bersih dan berjarak. Bahkan terdapat fasilitas prioritas yang dikhususkan bagi peserta penyandang disabilitas, ibu hamil dan kategori lanjut usia.

“Saya apresiasi pelayanan yang diberikan oleh BPJS Kesehatan khususnya Cabang Jakarta Selatan ini, dari pertama kali datang sampai dengan selesai semuanya sangat memuaskan, sikap petugas yang melayani juga ramah, informatif dan cepat,” ucapnya.

“Kemudian juga yang tidak kalah penting pada masa pandemi ini BPJS Kesehatan berhasil mengurangi kerumunan peserta, hal ini pasti akan berdampak positif kepada peningkatan kualitas pelayanan peserta,” lanjutnya.

Retno menambahkan, meskipun kualitas pelayanan peserta JKN-KIS secara tatap muka pada kantor BPJS Kesehatan sudah meningkat dan menerapkan protokol kesehatan yang maksimal, dia juga tetap mengajak seluruh peserta untuk memanfaatkan kemudahan pelayanan secara digital.

Layanan digital bisa dilakukan melalui aplikasi Mobile JKN, Pelayanan Administrasi Melalui Whatsapp (Pandawa), Chat Asistant JKN (CHIKA) dan BPJS Kesehatan Care Center 165.

Author: adminseo